7 Cara Alami Mengatasi Rambut yang Sering Rontok

PerilianCara Mengatasi Rambut yang Sering Rontok Parah - Rambut merupakan salah satu aset terpenting untuk menjaga penampilan seseorang. Ada yang merawat rambut untuk penampilan, kesehatan, untuk modeling dan lain-lain. Pepatah mengatakan " Rambut adalah mahkota ", istilah ini tidak hanya untuk kaum perempuan saja, lelaki pun juga seperti itu. Selain itu dengan kita memiliki rambut, kulit kepala kita juga akan terlindungi dari panasnya terik matahari dan dinginnya cuaca yang dapat berpotensi tinggi membuat kepala kita yang merupakan bagian terpenting dari tubuh kita ini sakit. Selain itu jika kita hidup tanpa memiliki rambut kepala, selain berbahaya untuk kesehatan juga dapat mengurangi penampilan seseorang dan kebanyakan akan merasa kurang percaya diri pada penampilannya sendiri.



Oleh karena itu, kira musti merawat dan menjaga kesehatan rambut kita agar terhindar dari masalah-masalah seperti ketombe, rontok, bercabang, kemerah-merahan, dan lain-lain. Rambut yang rontok akan membuat risau jika terus menerus dibiarkan dan tidak ditangani, apalagi jika berjilbab. Untuk itu kita musti tahu penyebab dan cara mengatasi masalah rambut rontok tersebut. Berikut beberapa penyebab dari rambut rontok :


Beberapa Penyebab Rambut Yang Sering Rontok  


1. Faktor Genetik
Faktor genetik atau keturunan menrupakan penyebab yang mungkin tidak akan bisa dihindari lagi, karena merupakan turunan atau pemberian gen dari ayah atau kakeknya. salah satu cara mengatasinya adalah dengan memperlambat proses kebotakan yang akan terjadi.

2. Kurang Menjaga Kesehatan Rambut

Diakibatkan oleh kondisi rambut dan kulit di daerah kepala tidak sehat, akibatnya muncul ketombe dan membuat rambut menjadi rontok hingga mengalami resiko terburuk yaitu kebotakan.

3. Obat-obatan

Obat-obatan merupakan salah satu bahan kimia yang sangat tinggi efek sampingnya jika dikonsumsi secara jangka panjang. Ada juga obat yang malah berpotensi membyebabkan kerontokan pada rambut. Namun, jika konsumsi obat tersebut tidak digunakan lagi maka rontok yang sedang dialami akan segera berhenti.

3. Penyakit

Penyakit yang diderita seseorang juga dapat menjadi salah satu penyebab kerontokan rambut. Contohnya seperti Diabetes dan lupus yang berpotensi mengakibatkan rambut rontok

4. Stress

Pikiran yang stress atau diluar kendali juga dapat mengakibatkan rambut menjadi rontok. Stress merupakan beban rohani yang dialami seseorang yang melebihi batas maksimal kemampuan rohani itu sendiri, akibatnya perbuatan yang dilakukan diluar kendali kesadaran. Ketika seseorang mengalami stress bukan hanya pikiran saja yang merasa pusing dan letih, tapi tubuh penderita pun juga akan merasakan dampaknya. Salah satunya
yaitu hormon pada rambut akan menjadi tidak berfungsi. Pada saat itu juga tidak akan memproduksi rambut baru lagi yang akibatnya rambut akan rontok, karena tidak ada rambut yang menggantikannya.

5. Hamil

Pada saat seorang wanita sedang hamil maka akan mejadi faktor yang membuat rambut rontok. Namun, dengan asupan gizi dan nutrisi yang baik, diharapkan rambut rontok yang sedang dialami bisa cepat berakhir

6. Kekurangan Kalori dan Nutrisi

Jika protein, kalori dan nutrisi rambut yang diterima oleh tubuh kurang maka akan menyebabkan rambut rontok, sehingga rambut menjadi tidak sehat lemah dan akhirnya rontok ,misalnya pada saat proses diet, namun untuk mengatasinya konsumsilah makanan yang seimbang dan bergizzi tinggi




Cara Mengobati Rambut Rontok


1. Lidah Buaya

Tanaman Lidah Buaya mengandung banyak vitamin dan mineral yang dapat bermanfaat untuk membantu menyuburkan rambut dan menjaga agar kulit kepala anda tetap sehat.  Untuk mengatasi rambut rontok dengan kulit buaya, caranya cukup mudah, sahabat hanya perlu menyediakan beberapa helai daun lidah buaya, kemudian ambil lendir yang ada didalam daun lidah buaya tersebut. Lalu jadikan sebagai pengganti sampo disetiap kali anda hendak keramas / mandi.

2. Pijatan Lembut di Kepala

Melakukan pijatan dikepala juga dapat membantu merangsang sirkulasi darah dan membantu menjaga folikel rambut tetap aktif. Terlebih lagi jika menggunakan beberapa tetes minyak sessensial lavender, almon atau wijen dalam pemijatan. Jika anda belum bisa melakukan pemijatan sendiri, mintalah bantuan pada teman atau siapapun yang sudah berpengalaman, agar anda bisa merasa rilex dan hasil yang didapat bisa maksimal.

3. Daun Seledri

Daun seledri mengandung beberapa vitamin seperti, zat besi, kalsium, vitamin A, natrium dan vitamin B yang dapat bermanfaat untuk menstimulasi pertumbuhan rambut agar lebih sehat, lebih kuat dan lebih berkilau. Cara penggunaannya mirip dengan menggunakan lidah buaya, yaitu dijadikan sebagai pengganti samphoo.

4. Teh Hijau

Teh hijau mengandung anti oksidan yang sangat bermanfaat untuk mengurangi, mencegah dan mengatasi rambut rontok, meningkatkan pertumbuhan rambut dan menjaga agar kondisi rambut kita tetap sehat.

5. Madu

Madu sudah lama terkenal dengan kemajuran khasiatnya, tidak terkecuali khasiatnya pada rambut. Madu dapat bermanfaat untuk menyuburkan rambut dan menjadikan rambut lebih kuat. Cara menggunakannya yaitu dengan cara mengoleskan madu secukupnya pada seluruh permukaan kulit kepala dan rambut dengan sambil melakukan pemijatan selama kurang lebih 10 menit. Lakukan cara ini setiap hari agar mendapatkan hasil yang maksimal.

6. Alpukat

Alpukat ini mengandung banyak nutrisi dan asam lemak, yang juga cocok untuk mengatasi rambut kering. Cara menggunakannya terlebih dahulu hancurkan alpukat di dalam mangkuk dan lalu aduklah sampai menjadi pasta kental. Setelah itu, usapkan pada rambut menyeluruh mulai dari akar hingga ujung rambut. Biarkan selama sekitar 20 menit. Bersihkan rambut dengan menggunakan samphoo, kemudian bilas hingga bersih.

7. Yoghurt
Yoghurt juga bermanfaat untuk mengobati rambut rontok. Caranya, yaitu gunakan yoghurt sebagai masker rambut rontok Anda. Diamkan beberapa menit. Lalu bilas hingga bersih.Lakukan cara ini setiap minggu sekali untuk memperoleh hasil yang maksimal.

 
Baca Juga : 

Demikian itu beberapa tips mengenai Cara Ampuh Mengatasi Rambut yang Sering Rontok Parah, silahkan dicoba tips ini dan semoga bermanfaat ^_^.

Support Me On :



Facebook Facebook Instagram Instagram Linkedin Linkedin

Twitter Twitter Google+ Google+ Youtube

Postingan terkait: