Cara Menambah RAM Android dengan RAM Expander Agar Tidak Lemot

Cara Menambah RAM Android dengan RAM Expander Agar Tidak Lemot - RAM adalah salah satu komponen penting sebuah smartphone dan tidak heran jika semakin besar ukuran sebuah RAM maka semakin tinggi pula harga smartphone tersebut, tapi dalam kenyataanya tidak semua smartphone memiliki ukuran RAM yang cukup longgar dan inilah yang jadi masalahnya.Namun, anda tenang saja karena bagi anda yang memiliki sebuah smartphone dengan RAM kecil atau kehabisan RAM bisa di atasi dengan cara memperbesar ukuran RAM dengan RAM expander.

Cara Menambah RAM Android dengan RAM Expander


Lalu bagaimana cara menggunakan RAM expander di android? sebenarnya langkah ini adalah dengan memanfaatkan eksternal memory atau microSD sebagai penambah RAM.

tetapi penting untuk anda perhatikan class dari microSD itu sendiri sebaiknya gunakan minimal class 6 (mampu membaca 6MB/second) jika hendak menggunakan class 10 itu lebih bagus. selanjutnya simak langkah-langkah berikut ini:

  1. Siapkan terlebih dahulu alat dan perlengkapanya seperti,
  •     microSD tentu saja
  •     HP android yang telah di root
  •     ruangan microSD yang cukup
  •     ROM wajib mendukung Kernels Swap
  •     aplikasi RAM expander

     2. Install aplikasi RAM expander yang telah saya sebutkan di atas untuk versi gratisnya bisa download disini

      3. Apabila sudah kita lanjut ke langkah selanjutnya yakni membuka aplikasi RAM expander yang telah anda instal dan pilih SDcard direktory yang akan anda buat sebagai RAM tambahan.

     4. Di tahap awal ini isilah berapa besar size MB sesuai keinginan anda. contoh jika anda mengisi dengan nilai 500 maka nilai memory menjadi 300+500 = 872 MB (Real RAM O2x). atau jika tidak ingin ribet anda bisa memilih Optimal Value yang ada di pojok kiri bawah. maka secara otomatis sistem aplikasi akan mendeteksi ukuran maksimal dari microSD tersebut.

      5. Nah sekarang kita lihat swappines dan isilah yang cocok berdasarkan smartphone anda karena tiap smartphone berbeda kecocokanya. rentang ukuranya sendiri antara 0 - 100.

     6. Jika swappines dan Size MB sudah terisi sekarang anda langsung saja tekan Swap Active. mungkin proses ini akan memakan waktu yang cukup lama dan tidak disarankan untuk mengclose aplikasi ketika swap file ini sedang berjalan karena bisa menyebabkan hp anda menjadi ngelag atau ngehang.

     7. Apabila proses telah selesai akan muncul sebuah data di layar dan selanjutnya mencentang AutoRun agar proses ini bisa berjalan secara otomatis dan anda tidak perlu repot melakukanya berulang-ulang.

Nah cukup mudah bukan untuk dilakukan? silahkan dipraktekan cara menambah RAM diatas, dan dijamin akan ada perubahan yang bisa langsung anda rasakan


Postingan terkait:

4 Tanggapan untuk "Cara Menambah RAM Android dengan RAM Expander Agar Tidak Lemot"

  1. Kindly thanks for This useful post .

    CodingDir.com

    Regards

    BalasHapus
  2. terimakasih gan infonya, sangat sangat membantu bagi hp ane yg ramnya minim.
    ijin coba gan
    yg mau mengenal fasapay, paypal dan lain tentang uang elek tronik http://cakraexchanger.blogspot.co.id monggo di klik saling sharing gan

    BalasHapus

Berikan saran dan komentar yang baik dan sopan serta membangun untuk kami ^_^.

=