Cara Mudah Memperbaiki Mouse Laptop Yang Tiba-tiba Tidak Berfungsi

PerilianCara Memperbaiki Mouse Laptop Yang Tiba-tiba Tidak Berfungsi - Hai teman kali ini saya akan berbagi tips mengatasi masalah mouse pada laptop yang barusan saya alami. Padahal sehari sebelumnya saya gunakan normal-normal saja seperti biasanya tiba-tiba saja tidak berfungsi dan saat diarah-arahkan cuma berfungsi sebentar lalu tidak bisa lagi. Siapa yang tidak bingung coba dengan keadaan seperti itu ?

Cara Memperbaiki Mouse Laptop Yang Tiba-tiba Tidak Berfungsi


Namun dengan kesabaran dan ketekunan saya mencari dan menerapkan tips yang saya cari di Google.com, akhirnya saya berhasil memperbaikinya. Dengan kembalinya keadaan laptop saya ini mungkin ada juga teman-teman yang juga mengalami hal yang serupa.Untuk itu kali ini saya akan membagikan sedikit tips yang mungkin juga bisa membantu teman-teman, silahkan dibaca.

2 Cara Sederhana Memperbaiki Mouse Keyboard yang Tidak Berfungsi


Cara 1 :

Pertama kita cek apa penyebab tidak berfungsinya mouse pada laptop, biasanya juga dimungkinkan tidak lebih dari settingan dari touchpad yang mungkin terdapat perubahan yang tidak kita ketahui. Cara mengatasinya cukup mudah sebenarnya kalau paham, yaitu mengaktifkan atau memastikan keterangan "Tap To Click" pada settingan touchpad telah dicentang. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar dibawah ini.

Gambar icon tray settingan touchpad kadang juga bermacam-macam tergantung dari settingan kita, kadang seperti diatas kadang seperti dibawah ini. Namun sebenarnya juga sama saja fungsinya.



Cara mengaktifkan atau mencentangnya keterangan Tap to Click yaitu dengan klik kanan pada icon touchpad, lalu pastikan bahwa keterangan "Tap to Click" telah Tercentang.


Selesai, sangat mudah bukan ?? Jika kita tahu ilmunya sangat mudah. Sekarang mouse laptop Anda telah bisa digunakan kembali. Jika belum bisa coba restart laptop dan coba kembali fungsi moouse. Namun jika menggunakan cara pertama belum berhasil juga silahkan coba caranya berikutnya


Cara 2 :

Jika settingan touchpad sudah benar (aktif/dicentang) di software touchpad bawaan dan touchpad tersebut masih tidak berfungsi / belum kembali normal, Maka troubleshooting berikut ini mau tidak mau harus dilakukan.

Hapus driver touchpad dari Device Manager untuk mereset settingan mouse touchpad dengan melakukan tahap-tahap sebagai berikut :

1. Masuk ke start - control panel - system - device manager.

2. Kemudian cari mice and other pointing device

3. Klik simbol di sampingnya

4. Hapus driver yang mempunyai nama Synaptics PS/2 Port Touchpad (klik kanan - pilih delete.)

5. Setelah melakukan delete driver, restart kembali laptop sobat agar driver touchpad tersebut bisa refresh kembali dengan cara automatis
install waktu OS windowsnya up kembali.

6. Selesai

Sekarang coba kembali fungsi dari mouse pada laptop, insy@ sudah normal kembali.

Baca juga :


Mungkin itu artikel dari kami mengenai Cara Memperbaiki Mouse Laptop Yang Tiba-tiba Tidak Berfungsi , silahkan dicoba dan semoga bermanfaat

Support Me On :



Facebook Facebook Instagram Instagram Linkedin Linkedin

Twitter Twitter Google+ Google+ Youtube

Postingan terkait:

20 Tanggapan untuk "Cara Mudah Memperbaiki Mouse Laptop Yang Tiba-tiba Tidak Berfungsi"

  1. punya saya yg bermasalah mouse. tuh gimana ya perbaikinnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan coba cara diatas gan, seumpama tidak bs silahkan restore komputer agan dengan mencari menu System Restore di Control panel. Cara ini untuk mengembalikan ke settingan yang sebelumnya mungkin mouse masih bisa digunakan.

      Semoga membantu :D

      Hapus
  2. sudah 2 laptop gwe yang ga jalan mouse nya, untuk ada artikel ini makasih ya.!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya gan semoga artikel dari kami bisa bermanfaat :D

      Hapus
  3. cuy, mouse gue kenapa ye kalo klik tombol kiri bakal balik lagi ke halaman sebelumnya ?
    tolong pencerahannya dong

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemungkinann itu settingan mouse agan, silahkan buka di control panel dan pilih setingan mouse untuk mensetting kembali mouse agan. silahkan dicoba

      Hapus
  4. makasih ya barusan aku ikutin cara 2 dan akhirnya mousenya udah berfungsi

    BalasHapus
  5. thanks ya sangat bermanfaat alhamduillah touchpad saya kembali normal

    BalasHapus
  6. Balasan
    1. Coba lagi gan, kalau memang tidak bisa kemungkinan terjadi kerusakan pada hardware moouse tersebut

      Hapus
  7. saya kira kalau mouse sudah sering macet-macet tidak bisa di perbaikin lagi ternyata bisa , terimakasih ya akan saya coba nanti :)

    kunjungi blog saya

    https://desymelindasari95.mahasiswa.atmaluhur.ac.id/berandaaa

    Dan kunjungi juga
    www.atmaluhur.ac.id

    BalasHapus
  8. Thanks bro...mouse gua hidup lagi

    BalasHapus
  9. Makasih Bro Awalnya Sudah Panik Karena Bukan Mouse Saya Eh Ternyata Ada Artikel Ini Makasih Ya

    BalasHapus

Berikan saran dan komentar yang baik dan sopan serta membangun untuk kami ^_^.