Custom Search

Pengertian, Fungsi dan Penjelasan PING pada Command Promt (CMD)

Pengertian, Fungsi dan Penjelasan PING pada Command Promt
Pengertian, Fungsi dan Penjelasan PING pada Command Promt - Ping merupakan singkatan dari Packet Internet Groper, yaitu suatu aplikasi utilitas yang disediakan oleh micosoft windows yang berfungsi sebagai pemeriksa koneksi jaringan dengan berbasis Transmission Control Protocol/Internet Protocol(TCP/IP), pengertian lebih lengkap silahkan lihat di wikipedia. Fungsi dari program ping adalah untuk mencoba apakah komputer yang satu dengan yang lainnya telah terhubung dalam satu jaringan/belum dengan megirimkan sejumlah packet data ke komputer lain. 

Cara kerja dari ping yaitu dengan mengirimkan suatu IP datagram pada host yang kemudian akan mendapat balasan/respon berupa waktu round trip. Dalam prosesnya ping menggunakan pesan ICMP dan echo reply. Dibawah ini merupakan contoh  dari ping yang saya lakukan antar komputer:

Pengertian, Fungsi dan Penjelasan PING pada Command Promt
klik gambar untuk memperbesar


Maksud dari percobaan dan hasil ping diatas adalah :

# pinging 21.21.21.1 with 21 bytes of data : kita telah melakukan ping ke IP 21.21.21.1 dengan 32 bytes data

# packet:sent=4, receive=4, lost=0 <0% loss>, : artinya paket yang dikirimkan tidak ada yang hilang [4 dikirim 4 diterima]

# data yang dikirimkan berukuran 32 bytes karena itu adalah ukuran buffer default pada windows

# fungsi dari buffer di windows ini adalah untuk melihat waktu yang dibutuhkan untuk melakukan pengiriman data packet[maksudnya jika melakukan ping dengan host berbeda maka hasilnya juga akan berbeda]

#Lalu apa maksud dari reply from 21.21.21.1: bytes=32 time<1ms TTL 128 ?

-TTL merupakan singkatan dari Time To Live, yaitu waktu maksimum dari komputer saat mereply/membalas paket ICMP atau disebut juga latency/delay. TTL pada windows secara default adalah 128.
-Mengapa jumlah TTL ini dibatasi ? hal itu untuk mencegah terjadinya circular routing pada jaringan, karena itu setiap kali ping packet melalui IP host maka nilai TTL akan dikurangi satu, hingga TTL memiliki nilai 0. Dengan nilai 0 ini packet akan discard dan drop dengan keterangn TTL expired in transit.

# Semakin kecil nilai time dan paket loss dari hasil ping  maka koneksi jaringan yang dipakai semakin baik.


Nah itulah pengertian, fungsi dan maksud dari ping di command prompt. Semoga pembahasan mengenai ilmu komputer kali ini bisa dimengerti dan dipahami dengan jelas serta bisa memberi manfaat untuk Anda.
Selamat mencoba  kawan :D !!

"Jangan Lupa Like ya ? :D"  
 VAMM7FZMP7E8

Semoga artikel dari kami Pengertian, Fungsi dan Penjelasan PING pada Command Promt (CMD) ini bisa bermanfaat untuk sobat semua, dan jangan lupa dishare ya ? :D ?? Terima kasih. .
Share ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

PERHATIAN

Anda baru saja membaca artikel "Pengertian, Fungsi dan Penjelasan PING pada Command Promt (CMD)", silahkan tinggalkan komentar atau saran yang baik. "DILARANG COPAS".
Karena artikel ini dilindungi oleh : DMCA Protected.
Terima Kasih Atas Pengertiannya. Sukses Selalu !!
auto insurance, auto insurance quotes, auto insurance companies, auto insurance florida, auto insurance quotes online, auto insurance america, auto insurance comparison, auto insurance reviews, auto insurance calculator, auto insurance score, auto insurance quotes, auto insurance companies, auto insurance florida, auto insurance quotes online, auto insurance america, auto insurance comparison, auto insurance reviews, auto insurance calculator, auto insurance score, auto insurance ratings

...